Proposal Bulan Pancasila
I.
GENERAL
A.
PENDAHULUAN
Di tengah arus
global yang tergambar dalam wujud globalisasi baru-baru ini, muncul isu
“kemandirian bangsa” yang bukan hanya menjadi persoalan penting, tetapi
sekaligus merupakan suatu kebutuhan bagi bangsa Indonesia. Setidaknya ada beberapa
perspektif yang dapat diajukan tentang kemandirian bangsa Indonesia, termasuk
oleh pemuda.
Mendiang
Presiden Soekarno misalnya memaknai kemandirian bangsa dalam apa yang
disebutnya sebagai “Tri Sakti” yakni berkedaulatan di bidang politik, berdikari
di bidang ekonomi, dan berkepribadian di bidang kebudayaan. Begitupun dengan
pemimpin Indonesia yang sejak awal kepemimpinannya terus memacu semangat
kemandirian bangsa, agar kita dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain di
dunia, yang dari aspek peradaban dan ilmu pengetahuan sudah lebih dulu maju.
Kemandirian
bangsa tentu saja menjadi atensi dari semua elemen bangsa khususnya pemuda
sebagai pengemban masa depan bangsa. Tidak dapat dipungkiri bahwa pemuda
memiliki peranan sejarah yang penting dan berkelanjutan dalam perjalanan
kehidupan berbangsa. Mengingat peranan dan posisinya yang strategis dalam
konfigurasi kehidupan kebangsaan, sudah sepatutnya pemuda dipandang sebagai
aset sosial bangsa yang strategis. Secara kuantitatif, jumlah pemuda Indonesia
hampir mencapai 40 persen dari total 250 juta penduduk Indonesia atau sekitar
80 juta jiwa. Sedangkan secara kualitatif, pemuda pun memiliki talenta dan
kapasitas yang cukup memadai untuk menjalankan tugas-tugas kepeloporan dalam
pembangunan nasional, demi menuju pencapaian kemandirian bangsa.
Kaum muda adalah elemen penting dalam pembangunan
bangsa. Namun, saat ini, agaknya menjadi hal yang kontradiktif. Berbagai
persoalan yang menggelayuti masalah generasi muda (pemuda/mahasiswa), justru menjadikan pemuda/mahasiswa
itu sebagai persoalan tersendiri, dan sulit berharap mahasiswa mampu memberi
solusi terhadap persoalan bangsa. Banyak pemuda kita yang sekarang ini
terjangkit penyakit multikrisis; krisis mental, krisis eksistensi, dekadensi
moral, antisosial-kehidupan yang hedonis, serba instant dan melepas idealisme,
serta yang tidak kalah pentingnya adalah masalah penganguran di kalangan
pemuda. Kiranya perlu dimaknai bahwa positioning
kaum muda dalam konfigurasi kehidupan bangsa, bersentuhan langsung dengan wajah
bangsa di masa depan. Itulah sebabnya mengapa kaum pemuda mesti diposisikan
sebagai social category mengingat
potensi kualitatif dan kuantitatifnya yang bersifat strategis. Kami para mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan berusaha
untuk mengembangkan potensi kami sebagai salah satu upaya kami untuk membantu
meningkatkan pembangunan terutama mutu pendidikan Indonesia sebagaimana tujuan
dari Pendidikan Kewarganegaraan yaitu membentuk warga negara yang baik (to be good citizenship) yang memiliki civic intelligence (kecerdasan), civic responsibility (tanggung jawab dan
rasa bangga), dan civic participation
(partisipasi dalam kehidupan masyarakat dan negara).
Berangkat dari hal itulah kami bermaksud mengadakan Bulan Pancasila sebagai langkah awal kami untuk mengajak generasi muda
Indonesia menjadi warga negara yang berkarakter, inovatif, kreatif dan religius
sehingga pondasi bangsa ini tetap berdiri kokoh dan diharapkan
mampu melahirkan gagasan-gagasan yang cerdas, relevan serta solutif dalam menjawab persoalan-persoalan
gerakan mahasiswa menuju Indonesia yang lebih baik.
B. DASAR KEGIATAN
Ø Pancasila
Ø Undang-Undang Dasar
1945
Ø Undang-Undang
Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
(Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003, tambahan lembar Negara Republik
Indonesia nomor 4301)
Ø Peraturan Pemerintah
Republik Indonesia nomor 17 tahun 2010 tentang pengelolaan dan penyelengggaraan
pendidikan (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2010 nomor 23; tambahan
lembaran Negara Republik Indonesia nomor 5105) sebagaimana telah diubah dengan
peraturan Pemerintah Republik Indonesia
nomor 66 tahun 2010 tentang perubahan atas peraturan pemerintah nomor 17 tahun
2010 tentang pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan (lembaran Negara
Republik Indonesia tahun 2010 nomor 112; tambahan lembaran Negara Republik
Indonesia nomor 5157)
Ø SK. Mendikbud No. 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan
di Perguruan Tinggi
Ø SK
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Nasional
No.20/DIKTI/Kep/2010
tentang Himpunan Nasional Mahasiswa PKN (HIMNAS PKN)
Ø Program Kerja HIMA PKn Periode 2013-2014
II.
GENERAL CONCEPT
A. NAMA KEGIATAN
BULAN
PANCASILA
B. TEMA KEGIATAN
Dalam
kegiatan ini mempunyai
tema yaitu:
MERETAS INTELEKTUAL PANCASILA MENUJU PERSATUAN
INDONESIA
C. TUJUAN KEGIATAN

Secara umum rangkaian
kegiatan ditujukan untuk menggali berbagai input
gagasan dan pemikiran yang diharapkan akan memberi kontribusi nyata bagi upaya
meningkatkan peran PKn dalam dunia pendidikan dan sebagai penguatan karakter
bangsa.

Adapun yang
menjadi tujuan khusus dari kegiatan ini,
adalah sebagai berikut:
·
Mengembangkan budaya
berfikir kritis dan kreatif di kalangan generasi muda
·
Meningkatkan pengetahuan, nilai, sikap dan keterampilan serta prestasi Siswa
Se-Jawa Tengah dan DIY dalam bidang PKn
·
Membina rasa
solidaritas dan kerjasama antar generasi muda
·
Memperluas wawasan pengetahuan
·
Untuk membangkitkan semangat persatuan
dan kesatuan pada generasi muda serta meningkatkan rasa nasionalisme
sebagai
penerus negeri.
·
Merealisasikan
Program Kerja HIMA PKn 2013-2014
D. PESERTA
KEGIATAN
a.
SMA Sederajat Se-Jawa
Tengah dan DIY
b.
SMA Sederajat Se-Karesidenan Semarang
c.
Mahasiswa dan
Umum
d.
Hima Se-Universitas
Negeri Semarang
E. BENTUK
KEGIATAN
1. Bedah
Buku “Dekonstruksi
Pancasila ”
Tanggal : 18 Mei 2013
Waktu :
09.00
WIB – 12.00 WIB
Tempat :
Gedung
C7 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
2.
Olimpiade Pancasila dan UUD NRI 1945 Tingkat
SMA (Se Jawa Tengah
dan DIY)
Tanggal : 29 Mei 2013
Waktu : 07.30 WIB s.d 18.00 WIB
Tempat
: Gedung C7 Fakultas
Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
3.
Lomba
Debat Pendidikan Pancasila Tingkat SMA ( Se Karesidenan Semarang
)
Tanggal : 1 Juni
2013
Waktu : 08.00 WIB – 18.00 WIB
Tempat : Gedung
C7 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
4. Lomba
Futsal antar Hima Se-Unnes
Tanggal : 2-5 Juni
2013
Waktu : 07.30 WIB s.d
18.00 WIB
Tempat : Gedung Olahraga
5. Closing
Ceremony Bulan Pancasila
Tanggal : 10 Juni 2013
Waktu : 07.30 WIB s.d 18.00 WIB
Tempat : Gedung C7 Fakultas
Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang
F. PELAKSANAAN
KEGIATAN
Kegiataan Bulan Pancasila ini akan
dilaksanakan pada tanggal 18 mei 2013 sampai 10 Juni 2013 . Dengan rundown
acara sebagai mana terlampir.
G. WAKTU DAN TEMPAT
Waktu :
18 Mei 2013 sampai 10 Juni 2013
Tempat : Lingkungan
kampus FIS UNNES
H. RUNDOWN ACARA
(terlampir i)
I. SUSUNAN PANITIA
(terlampir ii)
J. ESTIMASI DANA
(terlampir iii)
K. KESEKRETARIATAN
Kesekretariatan
kegiatan bulan pancasila tahun 2013 HIMA Politik dan Kewarganegaraan FIS UNNES
bertempat di Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) FIS UNNES Sekaran, Gunungpati,
Semarang. Atas nama Uul Mukmin (Ka. HIMA), Hp. 087712511225, atau Sigit Pandu
Cahyono (Ketua Panitia), Hp. 085642097817.
Website : himapknunnes.blogspot.com
Email : pkn.olimpiade@yahoo.com
Komentar
Posting Komentar